Sabtu, 14 Mei 2011

10 besar Distro Linux yang paling banyak digunakan (yang paling umum) di dunia termasuk Indonesia.

.
UBUNTU
Distro ini pertama kali rilis pada bulan september 2004. Meskipun relatif pendatang baru dikancah peredaran distro linux, ubuntu telah berkembang menjadi distro dekstop linux yang paling populer dan menyumbangkan kontribusi yang besar bagi pengembangan OS linux itu sendiri karena distro ini sangat user friendly. Edisi Ubuntu yang beredar di pasaran yaitu: Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Ubuntu Studio, Mythbuntu, dan Edubuntu. Ubuntu juga merupakan distro yang paling banyak di gunakan oleh pengguna pribadi di rumah.
openSUSE
Awal permulaan openSUSE sejak dari tahun 1992 ketika empat penggemar linux dari jerman (Roland Dyroff, Thomas Fehr, Hubert Mantel dan Burchard steinbild) meluncurkan sebuah proyek bernama SuSE (Software und System Entwicklung) Linux. Edisi yang tersedia saat ini: openSUSE dan SUSE Linux Enterprise.
FEDORA
Meskipun Fedora secara formal booming tahun 2004, tetapi sebenarnya sudah mulai ada sejak tahun 1995 ketika Fedora diluncurkan oleh dua fungsionaris linux Bob Young dan Marc Ewing di bawah panji-panji redHAT Linux. Edisi yang tersedia: Fedora dan Red Hat Enterprise.
DEBIAN GNU/LINUX
Distro ini pertama kali diumumkan tahun 1993. Pendirinya Ian Murdoct membayangkan penciptaan dari pengembangan proyek non-komersil sepenuhnya dari ratusan pengembang sukarelawan di waktu sengangnya. Distro yang tersedia: Debian beserta turunannya (Mepis, Ubuntu, Sidux, Damn Small Linux, Knoppix, dreamlinux, Elive dan Xandros).
MANDRIVA
Mandriva linux diluncurkan oleh Gael Dupal bulan juli 1998 di bawah nama Mandrake Linux. Mandriva mempunyai fitur yang menarik dan bisa diimplementasikan dengan sangat baik di prosesor x64 bit.
LINUX MINT
Linux mint sebuah distro linux berbasis ubuntu. Pertama kali di rilis oleh Clement Levebre pada tahun 2006. Ia seorang pakar IT kelahiran prancis tetapi menetap dan bekerja di Irlandia. Linux Mint bukan hanya sekedar pengembangan dari ubuntu tetapi juga sebuah kumpulan aplikasi terbaru dari ubuntu sendiri.
PCLinuxOS
Pertama kali diperkenalkan oleh Bill Reynold pada tahun 2003 dikenal dengan sebutan “texstar”. Sebelum menciptakan distro sendiri, texstar sudah dikenal sebagai pendiri komunitas mandrake linux. Selain PclinuxOS sendiri ada beberapa distro yang tersedia yaitu: MiniMe, Junior dan BigDaddy.
SLACKWARE LINUX
Distro slacware linux diciptakan oleh Patrick Volkerding pada tahun 1992, slackware adalah distro linux yang paling tertua yang masih bisa bertahan. Cabang dari proyek SLS yang terhenti, slackware 1.0 datang dengan 24 floppy disk dan dibangun/diciptakan di atas kernel linux versi 0.99pl11-alpha. Slackware dengan cepat menjadi distro linux yang paling populer, dengan perkiraan pasar sebanyak 80% dari semua instalasi linux pada tahun 1995. Beberapa distro Slackware yang disarankan adalah: Zenwalk Linux, Vektor Linux, Slax, Wolvix, GobinX.
GENTO LINUX
Konsep dari Gento Linux telah direncanakan sekitar tahun 2000 oleh Daniel Robbins pendahulu Atampede Linux dan pengembag FreeBSD. Gento linux didesain untuk power user, aslinya instalasinya sangat susah dan membosankan. Membutuhkan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk mengkompile baris perintah untuk membangun distro linux yang komplit.
CentOS
Diluncurkan pada akhir tahun 2003, CentOS adalah hasil rancangan sebuah komunitas dengan tujuan pembangunan kembali source code untuk redhat enterprise linux (REL) ke dalam sebuah pemasangan distro linux dan untuk menyediakan update keamanan dengan cepat untuk semua paket software.
FREEBSD
FreeBSD adalah keturunan langsung dari AT&T UNIX, mempunyai sejarah panjang dan bergolak sekitar tahun 1993. Freebsd tidak sama dengan distro linux yang lain, yang mendefinisikan sebagai solusi software yang terintegrasi terdiri dari kernel linux dan ribuan software aplikasi, freeBSD adalah sebuah sistem operasi yang digabungkan dengan ketat yang dibangun dari sebuah BSD kernel dan yang disebut “userland” (oleh karena itu dapat digunakan meskipun tanpa ekstra aplikasi). Distro FreeBSD (yang juga disarankan penggunaannya) antara lain: PC-BSD, Dekstop BSD, Free SBIE(live cd), Open BSD, NetBSD, DragonFlyBSD dan MidnightBSD.

0 komentar:

Poskan Komentar